Yƍkoso min'na....!!!!! \(n_n)/

I'm honored for your visitation to this ordinary blog of an ordinary man.

Any story in this site expresses to you all about my thoughts, how I see this mother earth, how I amazed by peoples, love, and anything inside it.

How I appreciate everyone of you, to be part of my great world, my great life, and my great dreams.

Sunday, June 28, 2009

MANUSIA HEBAT

Kebanyakan manusia terlalu sering menganggap dirinya lebih baik dari orang lain.......

Padahal, sudah selayaknya setiap kepala berisi otak yang katanya beratnya rata-rata 20% berat tubuh itu sadar bahwa dirinya tidak selalu lebih baik dari orang lain.

Hanya saja, kebanyakan dari kita, merasa bahwa:

"Aku ini sudah terlalu banyak melakukan hal-hal baik, dan tidak pernah sekalipun melakukan hal-hal yang menyakiti perasaan orang lain apalagi merugikan mereka! Jadi, untuk apa merasa bahwa aku patut merasa rendah diri, Aku manusia yang seharusnya mereka contoh, mereka segani!"

Kira-kira, apa hal yang bisa anda semua korelasikan dengan isi kepala manusia yang satu tadi?

Saya ingin sekali anda bisa setidaknya berpendapat sama dalam satu hal dengan saya...
Begini bunyi pendapat itu:

"Setiap orang yang merasa bahwa dirinya sempurna, dan terbesit dalam hatinya untk merasa lebih baik dari orang lain, terlebih-lebih lagi jika sampai "meneriakkan" hal itu kepada orang lain, melalui berbagai cara dan perilaku... Maka sesungguhnya, orang itu adalah manusia yang paling tidak pantas disebut hebat!"

Karena, menurut saya, MANUSIA HEBAT, adalah manusia yang tidak pernah merasa bahwa dirinya adalah manusia yang lebih baik dari orang lain, sehingga, dari pendapatnya tentang dirinya itu, akan muncul sikap dan pribadi yang senantiasa menghormati dan menghargai orang lain... Mengerti akan sekecil apa dirinya, diantara orang-orang besar disekelilingnya, serta memahami, seberapa setaranya dirinya dengan orang-orang kecil di sampingnya... Sehingga, pribadi dari MANUSIA HEBAT ini, akan serta merta terpancar dari sosoknya yang tidak pernah menganggap apapun dan siapapun lebih kecil dibandingkan dirinya.

Kenapa saya rasa hal ini penting untuk Anda pahami, adalah lebih karena di dunia ini sedah terlalu banyak manusia yang menganggap dan dianggap hebat, hanya saja, sangat sedikit dari mereka yang benar-benar pantas disebut sebagai MANUSIA HEBAT, karena kebanyakan dari mereka, tidak pernah mencari-cari kekurangan dalam diri mereka sendiri, karena hanyut akan kehebatan yang sudah dideklarasikan oleh orang lain atas dirinya...

Sekarang, saya akan mengarahkan pembahasan ini ke hal yang sangat esensial tentang MANUSIA HEBAT... Yakni, orang-orang yang mendeklarasikan atau menganggap bahwa Anda adalah si MANUSIA HEBAT.
Perlu Anda ketahui bahwa, manusia meiliki terlalu banyak alasan untuk bisa menyatakan sesuatu....
Saya, memiliki banyak alasan kenapa menuliskan hal ini, dan Anda tentu saja memiliki alasan untuk terus membaca tulisan ini hingga ke titik ini.

Pernahkah anda menanyakan tentang penilaian orang lain atas diri Anda?
Berapa persen dari teman dekat Anda yang pernah anda mintakan untuk itu?
Dan berapa persen dari mereka yang menyatakan dan beranggapan bahwa "ya, Anda hebat"

Hebat sendiri, tentu saja sangat umum sekali untuk dijadikan sebuah spesifikasi kesan atas diri anda.
Karena, perspektif akan hebat bisa datang dari berbagai sudut.

Contoh kasus, pada saat anda sedang melakukan sesuatu, mempresentasikan suatu makalah, misalnya. Selesai penampilan Anda, sangat mudah bagi seseorang untuk mengatakan bahwa "Anda Hebat", bahkan tanpa diminta. Karena pada saat itu, presentasi Anda benar-benar bagus, dan bagus menurut kebanyakan orang sering disebutkan dengan istilah "Hebat".

Sekarang, permasalahannya adalah, bagaimana seharusnya mulai saat ini, Anda bisa membedakan antara pernyataan orang lain yang menyatakan diri Anda "Manusia Hebat" secara general, atau "Hebat" dalam suatu hal.
Hal ini penting, agar tidak semakin banyak manusia di dunia ini yang merasa dirinya hebat karena pernah mendengar orang lain berpendapat bahwa dirinya "Hebat".

HEBAT itu, lebih dari sekedar kosakata... Sebagaimana kosakata-kosakata lain, kata HEBAT terlalu mudah dan sering sekali diucapkan tanpa makna!

Saat Anda berhasil membuka tutup botol dengan gigi anda yang luar biasa, kemudian semua yang melihat anda saat itu berkata dan berdecak kagum:

"Waah... Hebat sekali... Ckckckck"

Mulailah untuk bisa menjadikan orang lain menilai Anda sebagai MANUSIA HEBAT dari keseluruhan, bukan karena kekuatan gigi dan gusi Anda, bukan karena Kelancaran Anda menyampaikan presentasi, bukan karena hal-hal yang memang Anda tujukan agar bisa disebut hebat pada kesempatan-kesempatan tertentu....
Anda tidak perlu mencari-cari cara untuk bisa dinilai hebat secara keseluruhan... Sederhana saja, mulailah untuk tidak pernah menyebut-nyebut dan merasa diri Anda Hebat...
(Meskipun optimisme berhasil dipicu dari anggapan bahwa diri Anda Hebat, tetapi bukan hal itu yang ingin saya sampaikan disini, lebih dari itu, dan saya meminta Anda untuk berpikir, bukannya membaca tulisan ini sekilas)
HEBAT itu, ada pada pribadi-pribadi yang tulus, selalu berusaha memberikan dan melakukan yang terbaik atas apapun, manusia yang tidak merasa lebih tinggi di atas orang lain, manusia yang menghargai manusia lain, tanpa membeda-bedakan dari strata sosial maupun ekonomi...
MANUSIA HEBAT adalah Anda... Anda yang selalu berusaha belajar untuk menjadi lebih baik.

Anda yang mengerti bagaimana harus bersikap dan menyikapi apapun dan siapapun dengan arif dan bijaksana!

Ya... Manusia Hebat itu Anda!
Anda yang dinilai orang lain sebagai Pribadi Luar Biasa dalam hati mereka, tidak disebut-sebut!
Karena sesuatu yang disebut-sebut sering sekali dengan tujuan, tujuan yang jauh dari kejujuran.



An ordinary Writes by:

Muhammad A. Renaldi

Banjarbaru, 5.35 am
June, 27th
2009

No comments:

Post a Comment